Detail Berita

Kota Semarang Raih Penghargaan Kota Terbaik Penanganan Pasca Kecelakaan

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita
18 Desember 2013 - 12:55:21 WIB

Pemerintah Kota Semarang mendapatkan penghargaan sebagai pemenang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2013 Kategori Kota Metropolitan pilar Penanganan Pasca Kecelakaan. Kota Semarang dinilai sebagai kota terbaik dalam penerapan tata kelola keselamatan di jalan. Sedangkan untuk kategori kota besar diraih Kota Balikpapan serta kota sedang diraih Kota Bontang.

IMG_7547.JPGIRSA adalah program penghargaan yang diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan program-program keselamatan di jalan raya. Penghargaan ini diprakarsai oleh Majalah SWA dan Adira Insurance. Turut hadir pula dalam penyerahan penghargaan tersebut adalah Korlantas Polri, WHO, Kementerian PU.

Sertifikat penghargaan dan piagam diserahkan oleh Ketua Global Road Safety Partnership Indonesia, Ir. Iskandar Abubakar, Msc kepada Kepala Dishubkominfo Kota Semarang, Agus Harmunanto. Penyerahan dilaksanakan pada acara penganugerahan penghargaan Indonesia Safety Award 2013 di Panti Perwira Balai Sudirman Jl. Dr. Saharjo Tebet Jakarta Selatan, Rabu(11/12).

Menurut Iskandar, penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja kota kabupaten dalam tata kelola keselamatan jalan di wilayahnya. IRSA, lanjutnya, juga memberikan dukungan kepada pemerintah kabupaten kota untuk terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungan pemerintahannya. Sementara, Indra Baruna selaku, Dirut Adira mengharapkan penghargaan ini dapat semakin memacu kabupaten kota untuk lebih baik dan serius dalam menerapkan tata kelola keselamatan di jalan raya.

Kota Semarang masuk dalam salah satu kategori penilaian yakni untuk kota metropolitan. Pada kategori ini, Kota Semarang bersaing dengan Kota Tangerang dan Kota Bekasi. Sedangkan untuk kategori kota besar terdiri dari Kota Balikpapan, Kota Pekanbaru dan Kota Bogor. Terakhir untuk kategori kota sedang terdiri dari Kota Probolinggo, Kota Bontang dan Kota Tarakan.

Penilaian dibagi dalam 5 pilar yakni safer user (keselamatan pengguna jalan), safer management (manajemen keselamatan), safer road (keselamatan di jalan), safer vehicle (keselamatan berkendara) serta post crash response (penanganan pasca kecelakaan).

Kota-kota yang masuk nominasi penilaian dinilai berdasarkan sejumlah kriteria seperti jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, jumlah penduduk, perbandingan jumlah penduduk dengan jumlah korban meninggal. Akhirnya terpilih empat kota metropolitan yakni, tiga kota besar dan tiga kota sedang.

Terkait pemberian penghargaan itu, Walikota Semarang ketika dihubungi pers, mengatakan bahwa dirinya bersyukur Kota Semarang mendapatkan penghargaan IRSA. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Kota Semarang yang memiliki kepedulian terhadap keselamatan berlalu lintas, dirinya mengingatkan bahwa tingkat keamanan dan keselamatan berlalu lintas di jalan raya adalah tanggung jawab kita bersama. Namun hal yang paling penting adalah menanamkan kesadaran berlalu lintas dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, karena dari keluargalah kesadaran untuk tertib berlalu lintas mudah ditanamkan kepada anggota keluarga.

Sumber : www.semarangkota.go.id