PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) KOTA SEMARANG TAHUN 2013

Pendidikan anak pada usia dini perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh, karena pada usia tersebut merupakan usia yang paling tepat untuk meletakkan pondasi awal pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan seseorang. Keberhasilan pendidikan pada usia dini akan berpengaruh pada keberhasilan pendidikan anak di masa datang. Para ahli pendidikan mengatakan bahwa masa pada usia dini merupakan masa emas perkembangan kecerdasan seseorang. Masa emas hanya terjadi satu kali dalam kehidupan seseorang, untuk itu pendidikan pada masa dini harus dilakukan dengan benar dan tidak boleh ditunda penanganannya.

Kebijakan yang berpihak pada Pendidikan Anak Usia Dini merupakan langkah strategis untuk menyiapkan sumber daya manusia di masa depan yang lebih baik. Melalui program Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas, maka sumber daya manusia yang lebih berkualitas dapat dicapai. Kualitas sumber daya manusia memiliki dampak luas terhadap seluruh aspek kehidupan, baik sosial, politik, ekonomi, budaya maupun pertahanan dan keamanan. Dengan kata lain, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi hanya bisa dikuasai oleh sumber daya manusia yang berkualitas.

Keberhasilan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, perlu didukungdengan situasi yang kondusif yang dapat memberikan stimulasi terhadap perkembangankecerdasan anak. Dalam hal ini, lingkungan pendidikan yang baik sangat diperlukan agar potensi perkembangan anak dapat dikembangkan secara optimal. 

Target yang ditetapkan oleh Kota Semarang pada tahun 2015 adalah sebesar 95% untuk anak usia 3-6 tahun, sedang untuk usia 0-3 tahun sebesar 80% anak usia dini terlayani pendidikannya. Kebijakan utama yang akan terus dilaksanakan adalah menambah dan menyempurnakan secara menyeluruh kegiatan perawatan anak usia dini, terutama bagi anak-anak yang sangat rawan dan kurang beruntung.

Untuk mengetahui perkembangan pencapaian target yang telah ditetapkan, setiap tahun dibuat laporan tahunan pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Semarang.Diharapkan dengan dibuatnyalaporan tahunan secara rutin, permasalahan, hambatan dan prestasi yang telah dicapai dapat diketahui lebih awal, dan kebijakan tahun berikutnya dapat direncanakan lebih baik.

Daftar Isi:

1. Analisis Situsasi dan Kondisi Pendidikan Anak Usia Dini Kota Semarang 

2. Kinerja Pelaksanaan Program Pendidikan Anak Usia Dini

3. Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Anak Usia Dini

4. Hasil Pelakasanaan Program Pendidikan Anak Usia Dini